Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 18 November 2008

Penjelasan Krisis dari Dr. Iwan Jaya Aziz...

Kemarin pagi di FEUI ada kegiatan Research Day, kegiatan ini merupakan kegiatan penelitian dengan menampilkan hasil riset FEUI selama satu tahun. Ada yang istimewa pada acara Research Day kali ini, yaitu tampilnya Dr. Iwan Jaya Aziz sebagai salah satu pembicara. Beliau adalah dosen senior di FEUI namun sekarang beliau menjadi dosen di Cornell University USA. Sedih sih karena FEUI dan bangsa ini kehilangan salah satu ilmuwan di bidan Ekonomi. Beliau menjelaskan mengenai perkembangan teori ekonomi dan krisis ekonomi.

Kondisi ekonomi ternyata telah memunculkan perkembangan teori ekonomi. Sejak Great Depression yang terjadi di tahun 1930an, perkembangan ekonomi telah memunculkan teori-teori baru. Pada hakekatnya teori tersebut muncul karena ternyata teori ekonomi yang ada tidak mampu menjelaskan bagaimana fenomena krisis tersebut terjadi. Munculnya First Generation Model, Second Genaration Model, Third Generation Model dan mungkin Fourth Generation Model untuk menjawab krisis keuangan akhir2 ini menunjukkan bahwa teori ekonomi senantiasa berkembang.

Krisis ekonomi yang dipicu oleh subprime memang menarik untuk dianalisis. Subprime adalah kredit perumahan yang dikucurkan kepada pihak yang tidak memiliki kapabilitas dalam membayar. Subprime pada awalnya dikucurkan oleh perusahaan perumahan / broker rumah, karena bank tidak berani mengucurkan pinjaman kepada golongan masyarakat ini. Kebijakan pemerintah untuk membuat agar semua rakyat memiliki rumah menimbulkan ekspetasi baru bagi berbagai pihak, bahwa bisnis perumahan cukup menguntungkan. Hal ini juga ditandai dengan data yang menunjukkan bahwa harga rumah senantiasa meningkat dari hari ke hari. Tidak ada arah lain dari harga rumah kecuali naik, karena memang jarang terjadi harga properti turun. (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar